Monday, February 17, 2014

PENGERTIAN WORLD COORDINATE SYSTEM DAN USER COORDINATE SYSTEM oleh Budi M

Suatu gambar atau obyek gambar  yang di gambar dengan AUTO CAD diatur dan ditentukan dengan dua (2) sistem kordinat, yaitu

1.       World Coordinate System (WCS)
Bentuk bentuk obyek tiga dimensi (3D) di AUTO CAD diperhitungkan  terhadap kordinat di sumbu X,Y, dan Z di ruang, yaitu yang disebut sebagai World Coordinate System atau WCS, dimana sumbu-sumbu X,Y dan Z saling bertemu di satu titik yang disebut titik origin yaitu di kordinat (0, 0, 0). Sumbu-  sumbu itu bertemu saling tegak lurus. Titik origin itu sebagai titik awal perhitungan kordinat sehingga  tiap obyek mempunyai jarak tertentu terhadap titik origin sebagai titik absolut.

World Coordinate System (WCS) merupakan salah satu pedoman sistem kordinat bagi obyek-obyek (3) tiga  dimensi yang  bersifat  sederhana.  
Dalam menggambar obyek-obyek (3) tiga  dimensi yang rumit

2.       User Coodinate System (UCS)


























GAMBAR PEGAS DI GAMBAR DENGAN AUTO CAD 2007, dengan memperlihatkan icon UCS

User Coodinate System (UCS) adalah bentuk kordinat  sumbu 3 dimensi yang penggunaannya lebih mudah, terutama dalam penggunaan kordinat yang berpindah-pindah atau menempatkannya sesuai dengan kebutuhan dari gambar. Sumbu-sumbu User Coodinate System (UCS) seperti sumbu X, Y dan Z dapat di letakan dan diarahkan ke mana saja sesuai arah orientasiny a selama proses mengedit ataupun membentuk gambar 3 dimensi. Dengan adanya perubahan arah sumbu X,Y dan Z sesuai dengan orientasinya maka titik origin atau pada titik kordinat 0,0,0 juga akan berubah



No comments: